Profil STAB Maitreyawira

STAB MAITREYAWIRA didirikan di Jakarta pada tahun 2008, hingga kini telah berjalan lebih kurang 10 tahun di Jakarta, dengan jumlah mahasiswa/I yang telah diluluskan 316 orang. Mulai tahun 2018 operasionalnya dipindahkan ke Pekanbaru atas Keputusan Pembina Yayasan Cipta Kader Maitri tanggal 03 September 2017. Berbagai sarana dan prasarana telah disediakan demi tercapainya proses Kuliah belajar dan mengajar secara baik dan berkualitas. STAB MAITREYAWIRA terus meningkatkan berbagai perangkat perkuliahan dari waktu ke waktu, komit dan konsisten untuk mencetak kader-kader Guru dan tenaga Kependidikan agama Buddha yang handal. Mampu menhadapi Era Revolusi Industri 4.0 dan kemajuan dalam bidang Ilmu dan teknologi.                                                                                

NAMA STAB           :   STAB MAITREYAWIRA

ALAMAT                 :   Jln. Bukit Barisan III Riau Ujung, Kel. Tampan, Kec. Payung Sekaki, Kota Pekanbaru

STATUS                 : 1. SK Dirjen Bimas Buddha, Departemen Agama R.I.

                                 Nomor : DJ.VI/68/SK/Tahun 2008, Tanggal, 18 Juni 2008

                                 2. SK Dirjen Bimas Buddha, Kementerian  Agama R.I.

                                 Nomor : 195 Tahun 2018, Tanggal, 23 Mei 2018

                                 3. Kemenkumham R.I.Direktorat Jenderal AHU

                                 Nomor : AHU-AH.01.06-0010021 tanggal 11 Juli 2018, tentang Perubahan Data Yayasan Cipta Kader Maitri.

WEBSITE               :   www.maitreyawira.ac.id

APLIKASI               :   stabmaitreyawira

EMAIL                    :   stabmaitreyawira@gmail.com

MAKNA LOGO

  1. Lambang Sekolah Tinggi Agama Buddha Maitreyawira adalah huruf MY dan titik merah dilingkari yang dengan lingkaran merah.
  1. Lingkaran Merah melambangkan kebersamaan untuk mencapai tujuan yang sama yaitu menebarkan kebahagiaan.
  2. Titik merah menggambarkan Maha Maitri yang dimiliki Buddha Maitreya.
  3. Huruf M berwarna kuning melukiskan para kader yang dipersiapkan untuk berjiwa dan berkarya MAITRI.
  4. Huruf Y berwarna merah menegaskan KEYAKINAN yang benar. 
  1. Lambang ini bermakna kebersamaan untuk mencapai tujuan yaitu menebarkan kebahagiaan berdasarkan maitri dan keyakinan yang benar.  
  2. Lambang ini digunakan pada kop surat, amplop surat, stempel  dan dapat digunakan pada atribut  seperti  panji,   pataka,   badge,   vandel   dan  benda -  benda   lain yang  menunjukkan identitas Sekolah Tinggi Agama Buddha Maitreyawira

 

SEJARAH BERDIRINYA (deskripsi)

Majelis Pandita Buddha Maitreya Indonesia membina vihara Buddha Maitreya yang tersebar di berbagai Kota / Kabupaten di seluruh Indonesia, kader-kader vihara, para viharawan-viharawati, para pandita, Guru Agama Buddha perlu ditingkatkan kualitas pendidikan dan spiritual, sehingga dapat memberikan bimbingan dan pelayanan yang  lebih memadai dan berkualitas kepada para umat Maitreya dan Peserta Didik demi memenuhi kebutuhan akan Guru dan tenaga kependidikan baik di sekolah minggu, sekolah umum dan perguruan tinggi.

Untuk membantu Pemerintah di bidang Pendidikan dan Mental spiritual bangsa Majelis Pandita Buddha Maitreya Indonesia ikut andil memajukan agama Buddha pada umumnya dan agama Buddha Maitreya pada khususnya, di bawah bimbingan Kementerian Agama R.I. Dirjen Bimas Buddha, Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha , serta restu dari Maha Sesepuh Gautama Hardjono, maka didirikanlah STAB Maitreyawira bertempat di Pusdiklat Buddhis Maitreyawira, Jln. Tubagus Angke kompleks Dtamas Blok A8, Jakarta Barat yang beroperasional dari tahun 2008-2017. Mulai Mei tahun 2018 operasional STAB Maitreyawira pindah operasional di Pusdiklat Bumi Suci Maitreya/ Maha Vihara Maitreya Jln. Bukit Barisan III Riau Ujung, Kel. Tampan, Kec. Payung Sekaki, Pekanbaru. Dipilihnya Pusdiklat ini sebagai kampus STAB Maitreyawira karena daya tampung yang memadai dan mudah dijangkau dari berbagai tempat, sumber daya manusianya  juga sangat mendukung. Karena Provinsi Riau sangat potensial untuk menciptakan kader-kade Guru Pendidikan Agama Buddha dan Mempunyai Sekolah Umum Maitreya di berbagai Kabupaten/Kota yang dapat mendukung keberadaan STAB Maitreyawira. Disamping itu saat ini di Seluruh Indonesia telah berdiri Sekolah-sekolah Umum Maitreya di bawah Pembinaan DPP. Mapanbumi yang tergabung dalam Forum Sekolah Maitreya Indonesia (FOSMI).